Thursday, October 9, 2014

Makalah Tentang Instrumentasi yang berhubungan dengan Mata Kuliah PTPSP


MAKALAH
INSTRUMETASI
“Instrumentasi yang berhubungan dengan Mata kuliah PTPS”


logo poltekkes




DISUSUN OLEH:

Kelompok C. S1 Semester III

Grace E Kristi
Grifky F Lasatira
Igtianus L Arode
Ismar Karim
Jaseri Ruung
Jean B Mataheru
Yunita Budiman



KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLTEKKES KEMENKES MANADO
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN
2014




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmatnya sehingga penyusunan Makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.
            Makalah ini berjudul “Instrumentasi yang berhubungan dengan Mata Kuliah PTPS” dalam usaha penyelesaian Makalah ini tidak lepas dari berbagai pihak. Untuk itu penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada semua pihak yang sudah membantu dalam proses penyelesaian Makalah ini.
Semoga Makalah ini bermanfaat bagi penulis, pembaca, dan pihak-pihak lain yang membutuhkannya.



                                                                                                 Manado, 23 September 2014
                                                                                  Penyusun

                                                                                                                    Kelompok C


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………….i

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………..ii

 BAB I. PENDAHULUAN
            A.    Latar Belakang ……………………………………………………………………………1
            B.     Rumusan Masalah.. ……………………………………………………………….............1
            C.     Maksud dan Tujuan ………………………………………………………………………1.

             BAB II. PEMBAHASAN
             A.    Pengertian Instrumen dan PTPS…………………………………………………………..2
             B.     Alat-alat Instrumen Yang Berhubungan Dengan PTPS dan Fungsinya………………….......4

BAB III. PENUTUP
            A.    Kesimpulan ……………………………………………………………………………….9
            B.     Saran ………………………………………………………………………………..........9

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………...........10




BAB I
PENDAHULUAN

  A.    Latar Belakang
Dalam Perkembangan Teknologi sekarang ini banyak alat-alat yang digunakan untuk menunjang penelitian dan pekerjaan sehingga lebih mudah dan lebih praktis ketika menggunakannya. Pada jaman dulu alat-alat yang digunakan pada saat mengadakan penelitian atau sebuah pekerjaan seseorang masih menggunakan alat yang sederhana dan manual sehingga mereka mungkin sedikit kelelahan akan tubuh mereka. Sebagai contohnya mesin yang menarik air dulunya menggunakan Otot tangan karena sistem kerjanya yaitu memompa air yang ada dalam tanah. Contoh lain juga dulu Mikroskop hanya dapat melihat mikroorganisme seperti bakteri. Karena, perkembangannya sehingga Teknologi mulai mengalami perubahan sehingga manusia tidak lagi pusing dengan alat yang dulu. Model sekarang alat-alat yang digunakan dalam pekerjaan dan penelitian sudah menggunakan Otomatis dan sudah bisa dikalibrasikan sendiri.

  B.     Rumusan Masalah
1.      Apa Pengertian Dari Instrumentasi dan PTPS ?
2.      Apa Fungsi Dari Instrumentasi yang berhubungan dengan PTPS ?
3.      Apa saja alat instrumentasi yang berhubungan dengan PTPS ?

  C.    Maksud Dan Tujuan
1.      Untuk Mengetahui Pengertian Instrumentasi dan PTPS
2.      Untuk Mengetahui Cara kerja instrumentasi dengan PTPS
3.      Untuk mengetahui Apa saja alat instrumentasi yang berhubungan de


BAB II
PEMBAHASAN
  A.     Pengertian
1.      Intrumentasi
Instrumentasi adalah adalah alat-alat dan piranti (device) yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks. Instrumentasi bisa berarti alat untuk menghasilkan efek suara, seperti pada instrumen musik misalnya, namun secara umum instrumentasi mempunyai 3 fungsi utama:
·         sebagai alat pengukuran
·         sebagai alat analisis, dan
·         sebagai alat kendali.
a.       Instrumentasi sebagai alat pengukuran meliputi instrumentasi survey/ statistik, instrumentasi pengukuran suhu, dll.
b.      Instrumentasi sebagai alat analisis banyak dijumpai di bidang kimia dan kedokteran.
c.       Instrumentasi sebagai alat kendali banyak ditemukan dalam bidang elektronika, industri dan pabrik-pabrik.
Sistem pengukuran, analisis dan kendali dalam instrumentasi ini bisa dilakukan secara manual (hasilnya dibaca dan ditulis tangan), tetapi bisa juga dilakukan secara otomatis dengan menggunakan komputer (sirkuit elektronik). Untuk jenis yang kedua ini, instrumentasi tidak bisa dipisahkan dengan bidang elektronika dan instrumentasi itu sendiri.
Instrumentasi sebagai alat pengukur sering kali merupakan bagian depan/ awal dari bagian-bagian selanjutnya (bagian kendalinya), dan bisa berupa pengukur dari semua jenis besaran fisis, kimia, mekanis, maupun besaran listrik. Beberapa contoh di antaranya adalah pengukur yaitu : massa, waktu, panjang, luas, sudut, suhu, kelembaban, tekanan, aliran, pH (keasaman), level, radiasi, suara, cahaya, kecepatan, torque, sifat listrik (arus listrik, tegangan listrik, tahanan listrik), viskositas, density, dll.
2.      PTPS
PTPSP adalah Salah satu mata kuliah yang mempunyai arti yaitu Penyehatan Tanah dan Pengolahan Sampah Padat.
a.       Penyehatan Tanah (Bioremediasi) adalah suatu cara untuk melakukan penyehatan tanah, dengan bantuan mikroorganisme. Cara penyehatan tanah yang telah tercemar, terbagi atas 2, yaitu :
a)      Bioremediasi in-situ (dilakukan di tempat, tanpa pemindahan). Harus mengeksplorasi dan mengetahui secara mendalam mengenai unsur yg mengkontaminasi, serta memerlukan oksigen dan nutrisi untuk memaksimalkan kerja organisme.
b)      Bioremediasi eks-situ. Menggunakan teknik landframing, dengan meratakan tanah hingga ke lapisan kedap air, lalu melepaskan mikroorganisme pengurai.
b.      Pengelolaan Sampah Padat adalah pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, pendaurulangan, atau pembuangan dari material sampah. Kalimat ini biasanya mengacu pada material sampah yang dihasilkan dari kegiatan manusia, dan biasanya dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan, atau keindahan. Pengelolaan sampah juga dilakukan untuk memulihkan sumber daya alam. Pengelolaan sampah bisa melibatkan zat padat, cair, gas, atau radioaktif dengan metode dan keahlian khusus untuk masing-masing jenis zat. Praktik pengelolaan sampah berbeda beda antara negara maju dan negara berkembang, berbeda juga antara daerah perkotaan dengan daerah pedesaan, berbeda juga antara daerah perumahan dengan daerah industri. Pengelolaan sampah yang tidak berbahaya dari pemukiman dan institusi di area metropolitan biasanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sedangkan untuk sampah dari area komersial dan industri biasanya ditangani oleh perusahaan pengolah sampah. Metode pengelolaan sampah berbeda-beda tergantung banyak hal, di antaranya tipe zat sampah, tanah yang digunakan untuk mengolah dan ketersediaan area.

  B.     Alat – alat yang berhubungan dengan PTPS dan Fungsinya
1.      Alat Penyehatan Tanah
a.      Complete Soil Sampling T-07 adalah alat penunjang pengambilan sampel tanah dan untuk mengetahui kualitas dan kontaminasi Microbiologi serta Zat kimia yang tercemar pada Tanah, dengan menggunakan dua metode pemeriksaan, yaitu Color Chart  dan Photometer (microbiologi).
·         Color Chart salah satu analisis sederhana yang di lakukan untuk membedakan antar horison atau antar lapisan, yakni dengan melihat warna tanah dari penampang tanah (profil tanah). Membedakan warna tanah sebagai pembatas horison atau pembatas lapisan dapat dilakukan dengan mata telanjang, tentunya dengan sedikit latihan dan jam terbang. Namun warna tanah yang dinilai secara kualitatif oleh surveyor, tentunya tidak dapat menjadi rujukan yang jelas bagi pembaca.
·         Photometer adalah alat ukur dimana memakai pencahayaan atau penyinaran sehingga mendapatkan hasil dengan cara pemotretan.


b.      Soil Test Kit T-05 Alat test yang berfungsi untuk mengetahui  microorganisme dalam tanah serta dapat mengetahui kualitas air tanah secara kimiawi yang dapat mengkontaminasi air atau makanan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Di desain khusus untuk mengetahui apakah tanah mengandung telur cacing yang berasal dari feces ataukah tanah mengandung unsur-unsur kimia.

c.       Complete Portable Digital-Manual Soil Test Kit adalah Untuk mengetahui kualitas dan kontaminasi Zat kimia yang tercemar pada Tanah, dengan menggunakan dua metode pemeriksaan, yaitu Color Chart dan photometer.

d.      Soil pH Meter Sentron SI400 adalah pH meter yang di desain khusus untuk aplikasi pengukuran media tanah atau media semi solid lainnya. pH meter ini menggunakan desain probe sensor yang lancip dan kuat untuk melakukan pengukuran pada media semi solid dengan cara melakukan penetrasi di media sampel tersebut dan dapat langsung dilihat hasil pengukurannya melalui pH meter. Dengan menggunakan probe lancip, pengukuran dapat menjadi lebih akurat hingga mencapai keakuratan 0.01 pH. Selain itu pH meter soil ini juga dilengkapi layar LCD full color, proteksi IP65, fitur hemat daya, dan kalibrasi multi poin. pH meter soil Sentron sangat cocok digunakan untuk pengukuran kualitas tanah dan media sejenisnya.


                  2.      Alat Pengelolaan Sampah
a.      Mesin Pencacah sampah Plastik adalah untuk mencacah sampah plastik menjadi ukuran yang lebih kecil, seperti : botol plastik bekas minuman , botol plastik bekas minyak.



b.      Mesin Shredder adalah mesin yang fungsinya untuk menghancurkan bahan-bahan, bisa juga digunakan untuk bahan yang sifatnya keras.

c.       Crusher Sampah Organik Berfungsi : Mencacah sampah- sampah organik menjadi potongan-potongan kecil sehingga lebih mudah untuk diproses.

d.      Mesin Pencacah Organik adalah Berfungsi untuk mencacah sampah-sampah organik seperti : jerami, rumput gajah, batang pisang dan daun-daunan.

e.       Incinerator atau insinerator adalah suatu alat atau mesin untuk membakar sampah yang mengunakan teknologi pembakaran yang di design sedemikian rupa dengan temperatur tertentu sehingga sisa pembakaran sangat minim.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Pengertian Dari Instrumentasi dan PTPS :
Ø Instrumentasi adalah adalah alat-alat dan piranti (device) yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks.
Ø  PTPSP adalah Salah satu mata kuliah yang mempunyai arti yaitu Penyehatan Tanah dan Pengolahan Sampah Padat.
2.      Fungsi Dari Instrumentasi yang berhubungan dengan PTPS :
Fungsi Instrumentasi pada PTPS yaitu sebagai alat pengukur bagian depan/ awal dari bagian-bagian selanjutnya (bagian kendalinya), dan bisa berupa pengukur dari semua jenis besaran fisis, kimia, mekanis, maupun besaran listrik pada penyehatan tanah dan pengolahan sampah.
3.      Alat instrumentasi yang berhubungan dengan PTPS :
-          Complete Soil Sampling T-07
-          Soil Test Kit T-05
-          Complete Portable Digital-Manual Soil Test Kit
-          Soil pH Meter Sentron
-          Incinerator atau insinerator
-           
B.     Saran
Di harapkan kepada para mahasiswa dan pembaca makalah ini khususnya program studi instrumentasi dan PTPS, untuk lebih mendalami ilmu tentang penyehatan tanah dan pengolahan sampah serta alat-alat yang digunakan. Karena pencemaran oleh tanah dan sampah sudah sangat mengkhawatirkan dimana lingkungan yang kita huni ini sudah tercemar oleh berbagai jenis sampah, baik yang berbahaya maupun tidak, baik yang dimanfaatkan maupun tidak.
Untuk para mahasiswa yang ingin mengetahui lebih dalam/ banyak tentang makalah ini, disarankan untuk mencari buku yang lebih khusus di perpustakaan atau website yang relevan dan terpercaya di internet.

 
DAFTAR PUSTAKA






 

No comments:

Post a Comment